3/27/2009

Air Terjun Curug Cigentis


Cigentis merupakan salah satu wana wisata seluas 5 ha yang secara administratif pemerintahan terletak di Desa Mekar Buana Kecamatan Pangkalan, Kabupaten daerah Tingkat II Karawang. Sedangkan menurut wilayah pengelolaan hutan termasuk RPH Cigunungsari BKPH Purwakarta.

Visual lansekap menuju lokasi cukup menarik dan menantang berupa pegunungan dan persawahandan perkampungan penduduk yang masih tradisional. Potensi visual lansekap di dalam kawasan yang mempunyai kharakteristik yang khas dengan curug dan lembah pada hutan lindung dengan keanekaragaman jenisnya yang cukup tinggi, diantaranya pohon Rasamala, Puspa, Kibanen dan pakis, jenis-jenis pasang dan jenis-jenis bambu.


Disekitar Cigentis terdapat tempat-tempat keramat sepert:

1. Tempat Jiarah Di Gunung Sangga Buana
2. Air terjun dengan pemandian yang konon menurut cerita turun temurun bila mandi disini bisa awet jaya.
3. Tempat makan buyut yang mempunyai nilai sejarah di Kabupaten Karawang, karena berdasarkan cerita makam bekas para wali.


Dengan adanya tempat keramat diatas, banyak para pengunjung yang sengaja datang untuk melihat tempat tersebut, baik dari dalam daerah maupun luar daerah Kabupaten Karawang bahkan sering dipakai untuk berkemah para pelajar, Pramuka dan mahasiswa.

Cigentis yang dikelola Perum Perhutani sejak tahun 1995 konon pada jaman dulu merupakan hutan rimba alam yang sangat baik dan banyak digunakan untuk bertapa. Status kawasan hutan lindung/lapangan dengan tujuan istimewa (LDTI)

Fasilitas

Fasilitas yang terdapat di WW Curug Cigentis antara lain loket karcis, MCK, shelter, jalan setapak, kolam renang alam, rambu-rambu obyek dan tempat sampah.

Aksebilitas

Wana wisata Curug Cigentis dapat dilalui dengan kendaraan roda 4 dengan kondisi jalan beraspal. Pencapaian ke lokasi adalah sebagai berikut :
- Karawang – Jalan tol – Kantor asper lk 30 km
- Kantor asper – Parakan Badak lk 10 km
- Parakan Badak – Jayanti lk 3,5 km
- Jayanti – Curug Cigentis lk 1,5 km (jalan setapak)

Sumber www.tourismwestjava.com

0 komentar:

Post a Comment